Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Prancis, Ini Agenda Tim Implementasi Reformasi DPR Yang Dipimpin Fahri Hamzah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 11 Desember 2018, 14:11 WIB
Ke Prancis, Ini Agenda Tim Implementasi Reformasi DPR Yang Dipimpin Fahri Hamzah
Fahri Hamzah (kiri)/Dok
rmol news logo . Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menjelaskan tujuan delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR yang dipimpinnya mengunjungi Paris, Prancis, adalah dalam rangka merampungkan kerja konseptual tentang bagaimana kelembagaan Parlemen yang ideal ke depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Termasuk juga dikaitkan dengan isu-isu antikorupsi yang banyak sekali menimpa anggota DPR.

"Kami ada kerjasama dengan beberapa negara, dan kebetulan kami besok seharian dijamu di Parlemen Prancis bersama Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Indonesia-Perancis," kata Fahri kepada wartawan disela-sela kunjungan delegasi Tim Reformasi DPR di Paris, Perancis, Senin (10/12) waktu setempat.

Ketua Tim Implementasi Reformasi DPR itu menambahkan bahwa pihaknya juga ingin menyelesaikan dokumen-dokumen yang menjadi bahan bagi legislasi kelembagaan DPR ke depan, baik Undang-Undang maupun Peraturan-Peraturan di bawahnya.

Delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR selama di Peranci, lanjut Fahri, seharian juga berdiskusi dengan KPK-nya Perancis, untuk mengidentifikasi bagaimana caranya supaya Parlemen itu tidak dikait-kaitkan dengan isu korupsi.

"Saya kira itu yang ingin kita dapatkan, selain kerjasama teknikal, juga ada MoU dengan beberapa Parlemen, termasuk dengan Parlemen Amerika," tutur anggota DPR dari Dapil Nusa Tenggara Barat itu.

"Karena itu, Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR dan Badan Keahlian/BK itu, sampai sekarang punya kerjasama langsung untuk memperkuat SDM yang ada, yakni sistem pendukung kinerja DPR RI," demikian Fahri menambahkan.

Ada dua agenda dalam kunjungan hari pertamanya, Senin (10/12) di Paris. Pertama, melakukan pertemuan dengan Agence Francaise Anticorruption (AFA, Badan Antikorupsi Perancis) yang dipimpin Direktur Charles Duchaine. Pada 2016, AFA menghentikan represi/ penindakan korupsi dan kini berfokus pada pencegahan.

Kedua, pertemuan dengan Dubes RI untuk Perancis Letjen TNI (Purn) Hotmangaradja M.P. Pandjaitan di Kedubes RI di Paris.

Sedang hari ini, Selasa (11/12), delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR RI melakukan pertemuan dengan Parlemen Perancis dengan tema Modernisasi Parlemen. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA