Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Pastikan Tidak Ada Data Baru Yang Disampaikan Kemendagri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 12 Desember 2018, 19:26 WIB
KPU Pastikan Tidak Ada Data Baru Yang Disampaikan Kemendagri
Ilustrasi/Net
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum memastikan 31 juta data perekaman KTP elektronik yang disampaikan oleh Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri berasal dari data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menjelaskan, setelah muncul dugaan adanya DPT ganda sebanyak 25 juta, pihaknya langsung menggelar pertemuan dengan Kemendagri, Bawaslu, dan parpol peserta pemilu untuk melakukan pencermatan.

"Sehingga pencermatan yang dilakukan kemudian membuktikan bahwa yang 25 juta itu 1,1 juta potensi ganda. Berarti bukan 25 juta," katanya kepada wartawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (12/12).

Setelah itu, KPU meminta Ditjen Dukcapil dan parpol peserta pemilu untuk melakukan analisis atas DP4 yang baru. Ditjen Dukcapil menyampaikan hasil analisis mereka yakni menemukan ada 31 juta data yang sudah direkam namun belum masuk DPT.

"Kemudian kita meminta kepada petugas di bawah melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) terbatas bila diperlukan. Untuk membuktikan bahwa katanya ada yang di dalam DP4 tidak terdaftar dalam DPT," ujar Evi.

Hasilnya, KPU menemukan data perekaman KTP-el yang belum masuk DPT tidaklah sebanyak 31 juta seperti yang disampaikan Ditjen Dukcapil.

"Jadi bukan data tambahan. Jadi, kami minta Dukcapil juga ikut menganalisis DPT kita, dan tentu saja dia menganalisis berdasarkan DP4. Ini bukan data baru," imbuh Evi. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA