Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diplomasi Jadi Kekuatan Indonesia Selesaikan Persoalan Batas Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 09 Januari 2019, 22:45 WIB
Diplomasi Jadi Kekuatan Indonesia Selesaikan Persoalan Batas Negara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jalur diplomasi dan negosiasi menjadi kekuatan yang diyakini pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan persoalan batas negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2019 di Gedung Kemlu, Jakarta, Rabu (9/1).

"Indonesia adalah negara yang meyakini kekuatan diplomasi dan negosiasi dalam menyelesaikan batas-batas negara. Dalam empat tahun terakhir, diplomasi perbatasan intensitas negosiasi perbatasan ditingkatkan dan diintensifkan," jelasnya.

Menurut Retno, saat ini terdapat 129 perundingan perbatasan yang dilakukan Indonesia dengan negara lain yakni India, Malaysia, Vietnam, Palau, Thailand, Singapura, Filipina dan Timor Leste.

Selain itu, negosiasi tidak hanya dilakukan pada tingkat teknis namun juga untuk memperkuat negosiasi seperti penunjukan utusan khusus. Perundingan pada tingkat tinggi dan pada tingkat menteri luar negeri.

"Negosiasi perbatasan tidak pernah mudah perlu waktu panjang. Kesabaran sambil terus membangun saling percaya," demikian Retno. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA