PILPRES 2019

Sigit Pamungkas: KPU Sekarang Cenderung Akomodatif

Sabtu, 12 Januari 2019, 12:19 WIB | Laporan: Bunaiya Fauzi Arubone

Sigit Pamungkas/Net

. Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini dinilai cenderung akomodatif ketimbang KPU periode sebelumnya yang teguh memegang kendali.

Mantan Komisioner KPU, Sigit Pamungkas mengatakan, ada beberapa perbedaan antara debat Pilpres 2019 dengan debat Pilpres 2014 lalu.

Hal itu menurutnya nampak jelas dari beberapa variabel. Pertama, terkait penyusunan tema debat saat ini yang disusun berdasarkan konsensus KPU dengan pasangan calon.

"Dulu disusun oleh pakar (panelis) yang ditentukan oleh KPU tanpa berkoordinasi dengan paslon," ujar Sigit dalam diskusi bertajuk "Jelang Debat Siapa Hebat" di Jalam KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1).

Variabel kedua, terkait pertanyaan yang akan diajukan kepada pasangan capres dan cawapres. Yakni, saat dia masih menjadi komisioner KPU, semua pertanyaan disusun oleh moderator debat.

"Sekarang disusun tim panelis, dulu tim panelis menggarap isu-isu stratergis, bahkan kami dulu penyelenggara pemilu sampai tidak tahu. Kalau sekarang moderator sekedar membacakan," urainya.

Atas beberapa variabel di atas, Sigit pun menyimpulkan bahwa KPU saat ini berbeda dengan KPU pada debat Pilpres 2014 lalu. Dulu, KPU memegang kendali atas aturan main debat, sementara sekarang KPU hanya menuruti kemauan dari kontestan.

"Dulu KPU menentukan aturan main sehingga kontestan menuruti penyelenggara pemilu. Kalau sekarang penyelenggara pemilu menyerahkan pada kontestan," demikian Sigit Pamungkas. [rus]

Kolom Komentar