Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPR Minta Kemendag Kaji Kembali Impor Gula

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 15 Januari 2019, 13:05 WIB
Ketua DPR Minta Kemendag Kaji Kembali Impor Gula
Bambang Seosatyo/RMOL
rmol news logo . Terkait meningkatnya impor gula sepanjang 2018 sebanyak 4,63 juta ton (berdasarkan data Badan Pusat Statistik/BPS dan United States Department of Agriculture sampai Oktober 2018), serta rencana Kementerian Perdagangan untuk melakukan tambahan impor gula sebanyak 1,1 juta ton pada Januari-Mei 2019, Ketua DPR Bambang Seosatyo angkat bicara.

Bamsoet biasa diasap meminta Kemendag untuk mengkaji kembali keputusan penambahan impor gula dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumsi pada periode Januari hingga Mei 2019 sebanyak 1,1 juta ton.

"Kemendag harus memintakan data pembanding kepada BPS sebagai pertimbangan untuk melakukan impor gula," ucap Bamsoet di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (15/1).

Sambung politisi Golkar tersebut mendorong pemerintah untuk menyerap hasil gula dari petani dalam negeri.

"Sehingga secara psikologis petani tebu tetap merasa dilindungi oleh pemerintah dan memberikan motivasi petani tebu dalam menggarap lahannya," imbuhnya.

Bamsoet juga mendorong Kementerian Perindustrian untuk melakukan revitalisasi industri gula dalam negeri, melalui perbaikan pabrik gula secara menyuluruh, dengan mengganti alat-alat produksi gula sesuai dengan kemajuan teknologi.

"Sehingga terpenuhinya kualitas produksi gula dalam negeri untuk kebutuhan industri sesuai andar International Commision For Uniform Methods of Sugar Analysis (ICUMSA)," pungkasnya. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA