Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Latih 160 Pengacara Hadapi Sengketa Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 28 Januari 2019, 05:43 WIB
Nasdem Latih 160 Pengacara Hadapi Sengketa Pemilu
Rakornas Bahu Nasdem/Net
rmol news logo Potensi Sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mulai diantisipasi Partai Nasdem. Mereka menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Advokasi Hukum (Bahu) di Kantor Akademi Bela Negara (ABN), Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (27/1).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebanyak 160 advokat diberi bimbingan teknis terkait bagaimana cara menghadapi sengketa Pemilu 2019 dalam acara tersebut. Termasuk bagaimana menyusun permohonan, jawaban, putusan, bukti dan lain sebagainya.

"Kita harapkan para lawyer lebih siap dalam menghadapi sengketa di MK. Sekarang karena kita sudah punya personil yang cukup di setiap provinsi," kata Ketua DPP Bahu Nasdem, Taufik Basari.

Pria yang akrab disapa Tobas ini memastikan bahwa pembelaan hukum yang dilakukan Bahu terhadap caleg Nasdem di Mahkamah Konstitusi sama sekali tidak dipungut biaya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya menjelaskan bahwa para pengacara yang dilatih ini dipersiapkan secara fungsionaris dan menjadi sebuah tim yang bergerak di bantuan hukum.

"Kita persiapkan mereka untuk menjadi tim sebuah desk bantuan hukum. Mereka akan membantu mahkamah partai, tapi fungsinya ad hoc untuk menyaring masing-masing masalah dari bawah," tegasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA