Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perilaku Pancasila Harus Dijaga Dalam Proses Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 01 Februari 2019, 16:10 WIB
Perilaku Pancasila Harus Dijaga Dalam Proses Pemilu
Ilustrasi/Net
rmol news logo Perilaku Pancasila harus diterapkan dan dijaga oleh semua pihak dalam menghadapi proses Pemilu 2019.

"Kebiasaan money politic yang selama ini untuk menipu rakyat dalam memilih pemimpin harus dihilangkan, karena hal itu bukan perilaku Pancasila sebagai dasar utama negara Indonesia," jelas politisi Partai Golkar Ivan Doly Gultom kepada wartawan, Jumat (1/2).   

Hal tersebut juga selalu disampaikan Ivan Doly dalam ajang Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) Empat Pilar Kebangsaan bersama masyarakat di berbagai tempat.

Menurutnya, seringkali dalam memilih wakil rakyat, masyarakat masih terjebak oleh uang yang jumlahnya tidak seberapa.

"Kalau kayak begitu pada akhirnya perubahan sampai kapanpun susah akan terwujud," kata Ivan Doly.

Untuk itu, dia berharap, pada 17 April mendatang, semua warga negara Indonesia pemilik hak pilih dapat menentukan caleg dan capres dengan cerdas. Terutama juga pemilih di Ibu Kota Jakarta.

"Namun diharapkan juga para pemilih bisa merubah paradigma pragmatis yang selama ini ada dan bisa terwujud peningkatan kualitas hidup di ibu kota," jelas Ivan Doly.

Dia pun mengingatkan Komisi Pemilihan Umum berperan aktif dalam tahapan pemilu dengan memberikan pendidikan politik yang sehat terhadap masyarakat.

"Nilai-nilai Pancasila bukan hanya masyarakat yang menerapkannya, tetapi penyelenggara pemilu juga harus menerapkannya," ujar Ivan Doly.

Anggota Komisi VII RI itu mengaku bahwa dirinya menginginkan adanya perubahan di masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Masyarakat juga harus jaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai masyarakat terpecah belah karena beda pilihan," demikian Ivan Doly. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA