Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Luhut Akui Indonesia Belajar UMKM Dari Kebangkitan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 07 Februari 2019, 15:58 WIB
Menko Luhut Akui Indonesia Belajar UMKM Dari Kebangkitan China
Luhut Binsar Panjaitan/RMOL
rmol news logo Kebangkitan ekonomi China tidak terlepas dari pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang pesat di negara tersebut. Bahkan kini, mereka berhadap-hadapan langsung dengan Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi terbesar dunia.

Begitu kata Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dalam Seminar Nasional bertema “Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital” di Sheraton Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2).

Luhut bahkan mengakui kalau kini Indonesia belajar pengembangan UMKM dari kebangkitan China tersebut.

"Perkembangan China ini sangat luar bisa. Mengapa? Karena UMKM di sana begitu berkembang dan kita pun belajar dari China," ujar Luhut.

Pada tahun 2000, jelasnya, China berada pada peringkat kelima dan terus mengalami peningkatan. Puncaknya, pada tahun 2017 mereka berada di peringkat kedua ekonomi dunia.

Keberhasilan China dalam membangun ekonomi melalui UMKM, lanjutnya, menjadi salah satu pelajaran penting bagi Indonesia yang memiliki lebih banyak potensi UMKM untuk dikembangkan.

Namun demikian, Luhut memastikan bahwa belajar dari China bukan berarti mengubah arah pembangunan bangsa yang mandiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

"Presiden Jokowi sudah mengatakan bahwa ekonomi kita tidak berkiblat ke AS ataupun ke China, kita harus bisa membangun ekonomi kita sendiri," demikian Luhut.

Seminar tersebut digelar dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur 2019 yang menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA