Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Diaspora Antusias Ikut Pemilu Serentak 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 08 Februari 2019, 09:35 WIB
rmol news logo Animo warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri terlibat Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 nanti, terbilang tinggi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gambaran ini mengacu hasil suvei Pemilih Diaspora Indonesia yang digelar Indonesian Diaspora Network-United (IDN-United) sejak 12 November 2018 hingga 31 Januari 2019 lalu.

"Lebih dari dua pertiga responden mengatakan akan memilih pada Pemilu 2019," ujar Presiden IDN-United Herry Utomo melalui siaran pers yang diterima redaksi, pagi ini (Jumat, 8/2).

Herry menyebutkan, total 541 responden diaspora Indonesia menetap di 41 negara yang tersebar di lima benua mengisi survei yang disebar secara daring melalui milis, jejaring online, buletin berkala, dan media sosial IDN-United maupun mitra organisasi.

Walaupun tidak banyak responden yang tinggal di Malaysia dan Saudi Arabia mengisi survei, menurut Herry, jumlah responden dari negara-negara lain di mana diaspora tinggal cukup banyak dan beragam.

Amerika Serikat menempati urutan pertama dengan 155 responden dengan tingkat pendidikan bervarian mulai tidak tamat SMA hingga lulusan S3. Diikuti UEA 120 responden dan Inggris 41 responden.

"Oleh karenanya, survei ini dapat dikatakan cukup merefleksikan animo dan aspirasi pemilih diaspora non-pekerja migran," imbuhnya.

Herry menjelaskan, sebetulnya hingga saat ini belum ada informasi akurat berbasis data terkait animo dan aspirasi diaspora pada Pemilu 2019. Hal ini yang telah menciptakan urgensi dari pembuatan survei tersebut.

"Kami berharap hasil dari survei ini dapat digunakan sebaik-baiknya sebagai masukan perbaikan bagi pihak-pihak terkait dan bukan untuk bahan saling serang atau kritik,” ujarnya.

Ia menegaskan kembali netralitas IDN-United dalam setiap Pemilu dan mengajak segenap diaspora untuk menyukseskan Pemilu 2019.

"Hasil survei ini merupakan jajak pendapat dari para responden dan tidak dimaksudkan sebagai dukungan kepada figur politik mana pun. Namun, kami mengajak para diaspora yang dapat memilih supaya menggunakan hak pilihnya dengan baik agar pesta demokrasi ini berjalan lancar, aman, bermartabat, dan sukses," pungkasnya.[wid]


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA