Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILPRES 2019

Jokowi Akan Kalah Jika Ahok Gantikan Maruf

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 12 Februari 2019, 09:18 WIB
Jokowi Akan Kalah Jika Ahok Gantikan Maruf
Basuki Tjahaja Puranama (Ahok)/Net
rmol news logo . Setelah resmi masuk PDI Perjuangan, isu Basuki Tjahaja Puranama (Ahok) menggantikan Maruf Amin semakin deras. Namun, hal itu dinilai akan merugikan Joko Widodo.

"Kalau benar, ya Jokowi akan kalah," kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/2).

Menurut Ujang, label Ahok sebagai mantan narapidana kasus penista agama masih melekat dalam ingatan masyarakat terutama umat Islam. Karenanya, mantan Gubernur Jakarta itu tidak mungkin menggantikan Maruf.

"Walaupun Ahok sudah menjadi warga negara biasa dan berhak untuk berpolitik, namun Ahok itu masih punya label penista agama. Umat Islam tak akan mendukungnya," bebernya.

Tidak hanya itu, lanjut Ujang, kehadiran Ahok di PDIP sedikit banyaknya mempengaruhi elektoral Jokowi-Maruf menjelang Pilpres 2019.

"Jadi kalau dalam Pilpres ini Ahok dekat-dekat dengan Jokowi ya Jokowi dalam bahaya," kata Ujang.

Lebih lanjut, dia menilai isu Ahok akan menggantikan Maruf Amin hanya sebatas upaya pelemahan terhadap paslon nomor urut 01.

"Mungkin saja isu tersebut dihembuskan untuk melemahkan Jokowi-Maruf. Jika benar Ahok menggantikan Maruf dan Jokowi dengan Ahok ya akan kalah Jokowi," pungkas Ujang. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA