Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggota DPR Nasdem Dukung Anies Ambil Alih Pengelolaan Air Di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 12 Februari 2019, 12:45 WIB
Anggota DPR Nasdem Dukung Anies Ambil Alih Pengelolaan Air Di Jakarta
Anies Baswedan/Net
rmol news logo Kalangan legislator Nasdem di Senayan menyambut positif dan mendukung penuh rencana Pemprov DKI Jakarta untuk mengambilalih pengelolaan air.

Upaya ini selain karena perintah konstitusi, juga diharapkan akan memperluas akses air bersih yang saat ini menurut data PAM Jaya, tidak dinikmati sebanyak 40 persen warga Jakarta.

Anggota Komsii IX DPR dari Fraksi Nasdem, Okky Asokawati mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk membuat formulasi pengambilalihan pengelolaan air di Jakarta dengan tetap mengedepankan aturan main yang berlaku dan sikap kehati-hatian (prudence) agar prosesnya dapat berjalan dengan baik.

"Langkah Pemprov DKI Jakarta di sektor layanan penyediaan air bersih ini harus simultan dengan ketersediaan fasilitas sanitasi yang baik," imbuh mantan peragawati itu dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (12/2).

Ia mencatat, data tahun 2017 ternyata 800 ribu warga Jakarta yang masih buang air besar secara sembarangan.

Langkah Pemprov DKI ini dilakukan untuk memenuhi target Water Supply and Sanitation (WSS) Millenium Development Goals (MDGs) sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.
 
Di samping juga menjadi amanat Pasal 12 ayat (1) UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa pelayanan air minum dan sanitasi merupakan kewenangan daerah dan menjadi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. [wid]

 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA