Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebersamaan Ala Demonstran AMT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 13 Februari 2019, 12:19 WIB
Kebersamaan Ala  Demonstran AMT
Foto: RMOL
rmol news logo Tenda berukuran 500 meter x 10 meter tampak penuh disesaki puluhan pendemo yang tergabung dalam Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT).

Di luar tenda, sudah turun hujan rintik-rintik. Meski begitu tidak menyurut semangat para eks buruh Pertamina Patra Niaga  PT. Elnusa Petrofin itu menuntut penyelesaian tuntutan mereka.

Sejak malam Senin (11/2) lalu, mereka menginap dengan mendirikan tenda tepat di seberang Istana Negara.
 
Satu unit mobil jenis pick-up warna hitam terparkir di situ dan disulap menjadi dapur ala kadarnya untuk memasak air panas. Di dalamnya terdapat dispenser, galon air dan peralatan lainnya.

Seperti biasa di pagi hari rekan-rekan mereka yang lain datang membawa makanan. Ada lemper, arem-arem, gorengan hingga nasi bungkus dengan lauk seadanya.

Mereka tetap bertahan menanti kepastian nasib ribuan buruh AMT yang terkena PHK sepihak, sejak bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, pada Kamis (31/1) lalu.

Setidaknya ada tiga tuntutan SP-AMT.

Pertama, membayarkan upah lembur yang belum dilunasi sesuai nota sudinaker dan Kementerian Ketenagakerjaan dan upah proses selama di-PHK.

Kedua, mempekerjakan kembali 1.095 AMT yang di-PHK massal dan secara sepihak.

Ketiga, menuntut diangkat sebagai karyawan tetap di PPN dan Elnusa Petrofin, sesuai dengan nota Sudinaker yang sudah disahkan oleh pengadilan;

Dan keempat, menuntut pembayaran hak pensiun bagi pekerja yang lanjut usia sesuai perundang-undangan yang berlaku.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA