Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kurang Anggaran, Template Braille Pemilu DPR RI Dan DPRD Tak Disiapkan KPU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 14 Februari 2019, 16:12 WIB
Kurang Anggaran, Template Braille Pemilu DPR RI Dan DPRD Tak Disiapkan KPU
Ilustrasi
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak menyiapkan template huruf braille untuk surat suara Pemilu DPR RI dan DPRD. Karena kekurangan dana, yang disiapkan hanya template huruf braille untuk surat suara Pemilu Presiden dan DPD RI.

Kepala Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU RI, Nur Syarifah menjelaskan, jumlah peserta Pemilu DPR RI dan DPRD yang terlampau banyak membuat mereka kekurangan dana untuk membuat alat yang memudahkan para penyandang disabilitas tuna netra itu.

"DPR RI ada 80 dapil DPRD provinsi sekitar 272. Kemudian ada DPRD kabupaten kota. Seluruh Indonesia ada 2207 Dapil, berarti harus ada template sebanyak itu. Itu kali jumlah TPS, ada sekitar 809.500 TPS, maka menjadi angka yang besar sekali dari sisi anggaran," usai acara sosialisasi Pemilu ke kaum disabilitas di Kantor Kementerian Sosial, Kamis (14/2).

Meski demikian, dipastikannya KPU tak ingin anggaran menjadi penghalang bagi pemilih disabilitas menggunakan hak pilihnya. Maka dari itu pihaknya pun menyiapkan fasilitas pendampingan.

"Pendampingnya paling satu orang (per TPS). Dia bisa menghantarkan saja ke bilik pemilihnya mencoblos sendiri, atau dia bisa masuk ke bilik mencobloskan, terutama untuk tuna netra," pungkasnya. [hta]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA