Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala Daerah Tak Perlu Show Off Beri Dukungan Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 26 Februari 2019, 13:52 WIB
Kepala Daerah Tak Perlu <i>Show Off</i> Beri Dukungan Politik
Fahira Idris/Net
rmol news logo Masa kampanye Pemilu 2019 terutama Pemilihan Presiden ramai hiruk pikuk dan kontroversi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satunya adalah aksi dukung mendukung para penyelenggara pemerintah di daerah terutama kepala daerah (gubernur, bupati, walikota).

Keriuhan dukung mendukung ini pada titik tertentu dikhawatirkan menganggu kondusivitas gelaran Pemilu 2019 dan berpotensi memacu ketegangan masyarakat di daerah.

Oleh karena itu, kepala daerah diharapkan mampu bersikap bijak dan meredakan tensi politik dengan mengimbau semua penyelenggara pemerintahan di daerah untuk terus teguh menjaga netralitas di tengah euforia Pemilu 2019 ini.

Sikap bijak ini sudah ditunjukkan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X yang tegas meminta seluruh ASN yang ada di lingkungan pemerintahan DIY dituntut menjaga netralitas dalam Pemilu, termasuk kepala desa hingga perangkat desa.

"Saya harap sikap tegas dan menenteramkan dari Gubernur Yogya ini diikuti oleh kepala daerah lain. Memang aturan membolehkan kepala daerah menjadi tim kampanye, tetapi saya rasa tidak perlulah melakukan show off dukungan kepada salah satu paslon. Bahkan ada provinsi yang semua kepala daerahnya show off deklarasi dukungan ke salah satu paslon. Terus warga Anda yang pilihan politiknya berbeda gimana?" ujar anggota DPD RI Fahira Idris dalam siaran persnya, Selasa (26/2).

Fahira berpendapat, selain tidak perlu terlalu mengumbar atau show off dukungannya kepada salah satu paslon, kepala daerah diharapkan mengeluarkan himbuan dan instruksi yang tegas kepada warganya, terutama ASN jajarannya hingga kepala desa dan perangkat desa), termasuk semua stakeholder Pemilu di wilayahnya agar bersama-sama menjaga kondusivitas.

Tidak hanya formal lewat surat, tetapi juga berbicara langsung seperti lewat video, dan disebar lewat media massa, media sosial atau channel resmi milik pemerintah daerah masing-masing

"Sekali lagi, kami sangat apresiasi jika ada kepala daerah yang mampu menujukkan kapasitasnya sebagai pemimpin seluruh warganya," pungkas suami dari advokat Aldwin Rahadian yang kembali maju pencalonan senator dapil DKI Jakarta ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA