Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Resep Prabowo-Sandi Atasi Angka Pengangguran Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 06 Maret 2019, 21:35 WIB
Ini Resep Prabowo-Sandi Atasi Angka Pengangguran Tinggi
Diskusi Rabu Biru "Ekonomi Kreatif Apa Sudah Efektif?"/RMOL
rmol news logo Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengklaim punya resep jitu mengatasi jumlah pengangguran yang membengkak di Indonesia.

Satu di antaranya adalah menumbuhkan industri kreatif Tanah Air. Juru Kampnye Nasional Prabowo-Sandiaga, Kawendara Lukistian, mengatakan, keberagaman suku, budaya, dan adat istiadat adalah modal besar Indonesia untuk menghidupkan industri kreatif.

"Sumber ekonomi utama adalah kreativitas. Apapun itu, harus kreatif. Latar belakang Indonesia yang beragam menyadarkan kenapa kita menggagas gerakan ekonomi kreatif hingga level-level terendah," kata Kawendra dalam diskusi Rabu Biru "Ekonomi Kreatif Apa Sudah Efektif?" di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Kawendra mengatakan, ekonomi kreatif terbentuk dari inisiatif masyarakat sebagai wujud ekonomi partisipatif. Sayangnya, potensi besar di sektor ekonomi kreatif yang dimiliki Indonesia selama ini masih dipandang sebelah mata oleh pemerintah. Gejala itu tampak dari minimnya ruang kreatif yang diciptakan pemerintah.

Menurut Kawendra, ruang-ruang kreatif saat ini hanya berpusat di kota-kota besar. Sementara kota-kota penyangga tidak memilikinya.

"Padahal di setiap gang dan lorong jalan ada potensi kreatif. Maukah pemerintah mengintervensi kebijakan agar ekonomi kreatif tumbuh bukan hanya dari rakyat, tapi kebijakan pemerintah juga harus sampai di situ," ucap pelaku usaha industri kreatif ini.

Dari kegelisahan itu, lanjut Kawendra, Prabowo-Sandi menyodorkan program One Kabupaten/Kota One Center For Entrepreneurship (OK OCE) sebagai pusat gerakan kewirausahaan di tiap-tiap kabupaten. Kawendra meyakini gerakan ini bisa menjadi solusi atas tingginya jumlah pengangguran di Indonesia.

"Kenapa Prabowo-Sandi mengkedepankan OK OCE? Karena konkret sudah menyentuh kabupaten dan kota. Bahkan di Jakarta juga sudah sampai kecamatan. Bayangkan, di setiap kecamatan akan ada pusat kewirausahaan yang terkoneksi dengan OK OCE di kabupaten kota," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA