Cegah Politik Uang, Bawaslu Gelar Patroli Di Masa Tenang

Jumat, 08 Maret 2019, 16:31 WIB | Laporan: Bunaiya Fauzi Arubone

Bawaslu/Net

Masa tenang merupakan saat paling rawan akan pelanggaran pemilu.

Untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, Bawaslu RI akan menggelar patroli.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Petalolo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai skenario untuk menanggulangi kecurangan pemilu. Salah satu diantaranya mendesain kegiatan yang berfungsi untuk mencegah pelanggaran itu sendiri.

"Salah satu yang nanti akan dilakukan seperti yang sudah kami lakukan pada Pilkada Serentak 2018 yaitu melakukan patroli pengawasan pada hari tenang," katanya di Media Center Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (8/3).

Menurut Ratna, patroli semacam itu sudah dipraktikkan saat Pilkada Serentak 2018. Saat itu, kegiatan patroli mendapat sambutan positif berbagai pihak karena dinilai mampu mencegah beredarnya politik uang di masa tenang.

"Karena kita khawatirkan pada hari tenang itu membuat peserta menjadi tidak tenang. Karena akan memanfaatkan tiga hari menjelang hari H itu untuk melakukan upaya pembujukan kepada pemilih dengan memberikan uang atau barang lainnya," urainya.

Ratna mengingatkan, berdasarkan UU 7/2017 tentang Pemilu, subjek dari pengawasan yang dilakukan Bawaslu tidak sebatas pada peserta pemilu, tim sukses, maupun pelaksana. Namun bisa dikenakan ke siapa saja yang melakukan pelanggaran.

"Jadi subjeknya menjadi luas," katanya.
Editor:

Kolom Komentar


Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019
Video

Anies Makin Berprestasi Makin Dicaci?

Senin, 22 Juli 2019
Video

Riset: Foto Cantik Memang Membantu Calon Di Pemilu

Selasa, 23 Juli 2019