Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Politik Uang, Bawaslu Gelar Patroli Di Masa Tenang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 08 Maret 2019, 16:31 WIB
Cegah Politik Uang, Bawaslu Gelar Patroli Di Masa Tenang
Bawaslu/Net
rmol news logo Masa tenang merupakan saat paling rawan akan pelanggaran pemilu.

Untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, Bawaslu RI akan menggelar patroli.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Petalolo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai skenario untuk menanggulangi kecurangan pemilu. Salah satu diantaranya mendesain kegiatan yang berfungsi untuk mencegah pelanggaran itu sendiri.

"Salah satu yang nanti akan dilakukan seperti yang sudah kami lakukan pada Pilkada Serentak 2018 yaitu melakukan patroli pengawasan pada hari tenang," katanya di Media Center Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (8/3).

Menurut Ratna, patroli semacam itu sudah dipraktikkan saat Pilkada Serentak 2018. Saat itu, kegiatan patroli mendapat sambutan positif berbagai pihak karena dinilai mampu mencegah beredarnya politik uang di masa tenang.

"Karena kita khawatirkan pada hari tenang itu membuat peserta menjadi tidak tenang. Karena akan memanfaatkan tiga hari menjelang hari H itu untuk melakukan upaya pembujukan kepada pemilih dengan memberikan uang atau barang lainnya," urainya.

Ratna mengingatkan, berdasarkan UU 7/2017 tentang Pemilu, subjek dari pengawasan yang dilakukan Bawaslu tidak sebatas pada peserta pemilu, tim sukses, maupun pelaksana. Namun bisa dikenakan ke siapa saja yang melakukan pelanggaran.

"Jadi subjeknya menjadi luas," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA