Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penguasa HGU Lampung Dampingi Jokowi Deklarasi Dukungan

Jumat, 08 Maret 2019, 21:16 WIB
Penguasa HGU Lampung Dampingi Jokowi Deklarasi Dukungan
Deklarasi Jokowi di Lampung/RMOLLampung
RMOL. Pemilik lahan hak guna usaha (HGU) terluas di Lampung Gunawan Yusuf Riadi dan Purwanti Lee beserta beberapa kepala daerah mendamping calon petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam deklarasi dukungan di Kabupaten Lampung Tengah.

Dua bersaudara tersebut mengelola sekitar 139 ribu hektare lahan perkebunan tebu dan pabrik gula di Lampung. Sejak sehari sebelumnya, Purwanti Lee didampingi Arinal Djunaidi, gubernur terpilih menyiapkan panggung acara.

Gunawan Yusuf berpakaian putih berdampingan dengan Jokowi di atas panggung. Purwanti Lee yang mengenakan pakaian warna hitam ikut mendampingi di samping Arinal Djunaidi, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (Nunik), dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Setelah deklarasi dukungan petani, nelayan, dan buruh bertajuk Jokowi Sekelik Lampung di Lapangan Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Gunawan dan Purwanti Lee kembali mendampingi Jokowi pada acara serupa di PKOR Wayhalim, Kota Bandarlampung.

Di PKOR Wayhalim, para alumni perguruan tinggi dan pelajar SMA meramaikan acara deklarasi dukungan.

Seperti diberitakan RMOLLampung (Jumat, 8/3), Gunawan Yusuf dan Purwanti Lee mengelola lahan HGU lewat Sugar Group Companies (SGC). Perusahaan perkebunan dan pabrik gula yang kerap berkonflik dengan masyarakat soal penguasaan lahan dan pencemaran udara.

Selain itu, sejumlah akademisi menyatakan HGU yang dikuasai SGC cacat hukum atau tidak sah karena telah terjadi manipulasi data dan rekayasa dalam pengajuan permohonannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA