Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemda Diminta Beri Porsi Lebih Untuk Seni Budaya Jabar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 12 Maret 2019, 15:18 WIB
Pemda Diminta Beri Porsi Lebih Untuk Seni Budaya Jabar
Saan Mustopa/Net
rmol news logo Partai Nasdem berkomitmen penuh dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya Jawa Barat.

Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustopa menjelaskan banyak tradisi kesenian dan budaya Jabar yang bisa digali menjadi lumbung kekayaan Jabar.

“Apalagi ke depan Jawa Barat akan menjadi pusat atau tujuan turis dari domestik maupun internasional. Masyarakat senang untuk berkunjung ke Jabar karena budaya dan keseniannya yang khas,” terang Saan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/3).

Caleg Nasdem dari dapil Jabar VII itu akan meminta pemerintah pusat maupun daerah untuk komitmen mengembangkan budaya Jabar. Sebab pelestarian budaya, kata dia, tidak hanya membawa dampak bagi pelaku seni, melainkan juga kepada masyarakat sekitar.

“Mereka harus memberikan porsi lebih terhadap kesenian dan budaya di Jabar, agar tetap lestari," tegasnya.

Sementara itu, politisi Nasdem Muhammad Fahran mengusulkan ada strategi membangun membangun komunitas-komunitas seni budaya dalam cakupan kewilayahan atau clustering strategy.

Di Bandung, sambungnya, telah diterapkan sistem ini. Ada wilayah-wilayah yang dikhususkan untuk para seniman, seperti di wilayah Cigereleng sampai ke Bojong Sawang, yang kemudian dikenal sebagai daerah seniman tradisional sunda.

Presenter kondang itupun mengajak pemerintah daerah untuk bersama-sama melestarikan seni dan budaya jabar dengan clustering strategy.

“Jika diberi kesempatan menjadi anggota dewan, maka juga akan melakukan pemetaan daerah mana saja di Indonesia yang punya potensi bagus untuk seni dan budaya masing-masing,” terang caleg Nasdem dari Dapil Jabar I itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA