Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mempersoalkan DPT Bukan Berati Mendelegitimasi Penyelenggara Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 15 Maret 2019, 19:11 WIB
Mempersoalkan DPT Bukan Berati Mendelegitimasi Penyelenggara Pemilu
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi/RMOL
rmol news logo . Permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) setiap pelaksanaan pemilu selalu menimbulkan sorotan publik. Tidak terkecuali pada Pemilu 2019 ini, permasalahan DPT masih urung rampung di KPU.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menilai mempersoalkan DPT bukan untuk mendelegitimasi penyelenggara pemilu melainkan untuk terwujudnya pemilu yang baik, jujur dan adil.

"Artinya DPT itu, untuk dipersoalkan, bukan dalam kerangka untuk mendeligiminasi penyelenggara Pemilu, sangat  tidak boleh, bukan dalam rangka untuk mencurigai dalam proses pemilu agar terjadi kecurangan manipulasi data,  bukan, tetapi hal yang penting dalam demokrasi elektoral," kata Viva di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (15/3).

Sambung dia demokrasi elektoral itu dalam rangka menyelamatkan hal konstitusional Warga Negara Indonesia (WNI), dimana setiap warga negara memiliki hak untuk memilih dan dipilih.

"Pemilu merupakan inti dari kedaulatan rakyat, maka sebagai warga negara dia punya hak yang tidak boleh hilang dan negara harus menjamin hak rakyat itu, maka itulah pentingnya DPT," tandas Viva, anggota DPR ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA