Ratusan Ulama Hadiri Ijtihad Politik Nasional, Nyatakan Dukungan untuk Jokowi-Maruf

Sabtu, 16 Maret 2019, 22:25 WIB | Laporan: Hendry Ginting

Ijtihad Ulama/Net

Majelis Munajat Indonesia berkah menggelar Musyawarah Nasional Alim Ulama di Grand Sahid Jaya Hotel, 15-17 Maret 2019.

Kegiatan ini diikuti 618 orang dari 31 provinsi. Munas ini kemudian melahirkan sebuah Ijtihad politik untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin.

Ijtihad Politik Nasional Alim Ulama ini juga dihadiri oleh Mbah Maimoen Zubair, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, dan dan Abuya KH Muhtadi Dimyati. Kiai Muhtadi Dimyati bahkan sudah berada di Hotel Sahid sejak Jumat malam (15/3/). Kedatangan Kiai Dimyati langsung disambut hangat oleh para santri dan dai.

Sekretaris Jenderal Majelis Munajat Indonesia Berkah (MMIB) Imam Fathurrohman mengatakan, ijtihad ini diadakan karena MMIB melihat bahwa pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019 secara tidak langsung akan berdampak pada kehidupan umat Islam.

Menurutnya, sebagai komunitas mayoritas di Tanah Air, umat islam justru saat ini menjadi ‘korban’ dari proses politik tersebut. Kondisi umat berada pada titik yang mengkhawatirkan, dimana ukhuwah islamiyah tercabik seiring tercerainya ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah yang nyaris putus.

“Melihat fenomena tersebut, Majelis Munajat Indonesia Berkah (MMIB) merasa perlu mengimbau seluruh umat Islam untuk kembali pada “Tali Allah” yang akan merekatkan dan menguatkan kembali ukhuwah tersebut,” ujarnya.

Rencananya malam ini akan diumumkan hasil ijtihad kepada publik.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


loading