Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengalaman Salat Idul Adha Dan Jumat Di New Zealand Dan Australia

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/ilham-bintang-5'>ILHAM BINTANG</a>
OLEH: ILHAM BINTANG
  • Minggu, 17 Maret 2019, 11:49 WIB
Pengalaman Salat Idul Adha Dan Jumat Di New Zealand Dan Australia
Ilham Bintang dan Tantowi Yahya/Dok pribadi
CATATAN Selandia Baru atau New Zealand sebagai negeri yang bertahun-tahun menyandang gelar  negeri paling nyaman dan aman di dunia,  mendadak tercoreng, Jumat (15/3) siang (atau pagi waktu di Indonesia).

Dicoreng oleh aksi brutal teroris yang memberondong jamaah salat Jumat di dua mesjid di Christchurch.

50 jamaah tewas, puluhan luka- luka. Tiga WNI turut jadi korban dalam aksi teroris itu. Seorang tewas, Lilik Abdul Hamid. Dua lainnya luka. Yaitu, Zulfirmansyah dan putranya yang kini dirawat di RS. Satu dari empat yang diduga pelaku teror itu, Brenton Tarrat (28) telah diamankan oleh pihak berwajib. Senin (18/3), pria warga Australia itu mulai diadili sebagai terdakwa.

Padahal, baru satu hari sebelum kejadian teror keji itu, saya kembali menulis perlakuan terpuji pemerintah dan warga Selandia Baru serta Australia menyediakan atau membuka tempat untuk melaksanakan ibadah bagi umat muslim, yang merupakan minoritas di dua negara bertetangga itu.

Sampai sekarang Selandia Baru bukan cuma dikenal sebagai negara paling aman di dunia, melainkan juga disebut sebagai tempat lebih Islami dibandingkan negara Islam atau negara yang berpenduduk mayoritas Islam.

Pujian itu saya tulis di laman FB, Kamis (14/3) subuh saat berada di bandara Tullamarine, Melbourne untuk kembali Jakarta. Saya dan istri  menuju bandara pukul 04.30. Di tengah jalan, Isteri bertanya salat subuh di mana? Gampang. Saya memastikan seluruh bandara di Australia menyediakan tempat ibadah.

Jaminan saya tidak meleset. Lepas dari pemeriksaan Imigrasi, sekitar jam 05. 45, pas saat suara azan berkumandang dari ponsel istri langsung terlihat petunjuk tempat beribadah. Di situlah kami salat subuh.

Di kota Sydney dan Perth yang sering saya kunjungi juga begitu. Tersedia  tempat untuk salat Jumat, termasuk di bandaranya. Setengah bulan trip saya di Australia kemarin, dua kali saya hadiri salat Jumat. Masing-masing di Abraham Mott Hall Sidney, Jumat (1/8) dan di Islamic Council of Victoria Melbourne (8/3).

Di dua tempat itu, seperti juga di tempat lain di Selandia Baru, salat Jumat dilaksanakan dua kloter. Untuk menampung  jemaah dari berbagai negara. Saya juga beberapa kali salat Jumat di Selandia Baru.

Terakhir, 9 November 2018 lalu bersama Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dan beberapa kawan wartawan di City Mosque Brandon Street. Pengurus mesjid menyambut hangat dan ramah. Bahkan kami diberi souvenir jepitan dasi. Salat Jumat di sini juga dua kloter.

Untuk diketahui tempat salat di Selandia Baru maupun di Australia memang kebanyakan dilaksanakan bukan di bangunan mesjid, seperti yang kita kenal. Tetapi kebanyakan bangunan ruko dua tingkat yang disulap fungsinya menjadi masjid, tempat ibadah.

Sebelum itu saya malah pernah salat Idul Adha di Wellington pada 2 September 2017, bersama Dubes RI di NZ, Tantowi Yahya. Sehari sebelumnya saya terbang dari Melbourne ke Wellington, persis hari Idul Adha. Pesawat kami terbang jam 9 pagi. Salat Jumat pukul 07.00.

Namun, Ruby M Thaha kemenakan yang menetap di Melbourne mengingatkan untuk menghitung rigit waktunya. Di Melbourne, salat tidak selalu pas waktunya dilaksanakan seperti yang diumumkan. Maklum Melbourne tidak libur di hari Idul Adha seperti di Indonesia atau di negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Belum lagi kemacetan lalu lintas pagi yang harus jadi perhitungan supaya tidak ditinggal pesawat. Dengan perasaan sedih kami turut saran kemenakan. Memutuskan berangkat ke bandara.

Secara obyektif kondisi Melbourne pagi itu memang persis seperti yang digambarkan Ruby.

Belum lagi antrean yang terjadi waktu check in di counter maskapai penerbangan dan imigrasi.Saya sempat menyalahkan diri sendiri kenapa lalai waktu booking pesawat tidak memilih penerbangan siang supaya bisa salat Ied dulu baru berangkat.

Yang menjemput kami ketika di Wellington, Duta Besar RI Tantowi Yahya. Pertama ketemu langsung saya menyampaikan ucapan selamat Idul Adha.

Saat itulah Pak Dubes memberitahu Idul Adha di Wellington dirayakan esok tanggal 2 September. Ini betul-betul rezeki anak saleh.

Pelaksanaan Salat Idul Adha komunitas muslim di Wellington, berlangsung Sabtu (2/9) pagi ‪pukul 08.30‬ di Asmabury Hall.

Salat diikuti sekitar 300 jamaah Muslim berbagai bangsa termasuk Dubes RI  dan Ibu  Dewi Handayari Yahya. Salat diorganisir oleh Al Amin, wadah komunitas Muslim di Wellington yang dipimpin oleh Agam Jaya.

Agam Jaya keturunan Padang-Sunda sudah 16 tahun mukim di New Zealand. Di Indonesia dulu Agam seorang jurnalis. Pernah bekerja di Majalah Hai, dan di program news RCTI hingga tahun 2001.

Penentuan Salad Ied Sabtu (2/9) diputuskan oleh  Fianz, federasi muslim New Zealand, semacam MUI.

Ramah Tamah

Selesai salat, jamaah salat Ied beramah tamah sambil menikmati hidangan yang diupayakan secara kolektif oleh seluruh jamaah. 

Agam menginformasikan masyarakat Indonesia di Wellington sedang urunan mengumpulkan dana untuk membangun sebuah mesjid. Selama ini mereka ibadah Jumat dan salat Ied dilaksanakan dengan menyewa tempat. Warga Indonesia antusias merespons gagasan tersebut. 

Penghujung acara disajikan atraksi anak-anak remaja dengan segala kreasi budaya, termasuk memperagakan acara Tawaf di Ka'bah.

Dubes Tantowi merasa bangga dengan kekompakan masyarakat Indonesia di Wellington, dan pada umumnya New Zealand.

Menurut Tantowi, jumlah warga Indonesia di Selandia Baru  sebanyak 5500 jiwa. Seribu duaratus antaranya mahasiswa. Dari jumlah itu 300 asal Papua.

Daerah Gempa

Menurut Wikipedia, Christchurch (bahasa Māori: Ōtautahi) adalah sebuah kota di pesisir timur Pulau Selatan (South Island) di Selandia Baru. Kota ini merupakan kota terbesar di Pulau Selatan sekaligus merupakan kawasan urban terbesar di Selandia Baru setelah Auckland.

Secara administratif, Christchurch merupakan ibu kota dari Region Canterbury, satu dari beberapa region di negara ini.

Nama Christchurch sendiri berasal dari kolese katedral Christ Church di Universitas Oxford. Dalam bahasa Māori, Christchurch disebut juga sebagai Ōtautahi atau tempat Tautahi.

Sensus tahun 2004, penduduk Christchurch berjumlah 363.700 orang, namun dalam perkiraan pada tahun 2010, penduduk Christchurch bertambah hingga menjadi 376.700 orang.

Kota ini beberapa kali diguncang gempa bumi, yaitu pada tahun 2010, bulan Februari 2011, dan Juni 2011. Jumlah korban tewas dari tiga kali gempa bumi tersebut sebanyak 181 jiwa.

Pada 23 Desember 2011, kota ini kembali diguncang dua gempa bumi lagi yang berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR). Pusat gempa berada di kedalaman 8 kilometer.

Di Christchurch, umat Islam yang tengah melaksanakan salat Jumat dibantai secara keji oleh teroris bersenjata.

Semoga seluruh 50 korban tewas mendapatkan tempat sebaik-baiknya di sisi Allah SWT. Sedangkan pelaku teror itu mendapatkan hukuman setimpal setara dengan kekejiannya.

Dan, semoga peristiwa Jumat kelabu itu tidak meninggalkan trauma bagi umat muslim di Selandia Baru dan Australia untuk menunaikan kewajibannya di mana pun.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA