Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komentari Debat Cawapres, Komnas HAM: Debat Semalam Jakarta Banget

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 18 Maret 2019, 14:28 WIB
Komentari Debat Cawapres, Komnas HAM: Debat Semalam Jakarta Banget
Maruf Amin dan Sandiaga Uno/Net
rmol news logo Debat cawapres tadi malam di Hotel Sultan, Jakarta (17/3) antara Maruf Amin dan Sandiaga Uno belum menjawab permasalahan Indonesia secara menyeluruh.

Hal itu diutarakan oleh Komisioner Komnas HAM Amiruddin saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (18/3).

“Saya mau katakan debat semalam itu terlalu Batavia Sentris. Orang Jakarta betul cara berpikirnya. Tidak melihat Republik ini banyak wilayah, pulau-pulau kecil, tersebar di pedalaman-pedalaman, bagaimana ke depan itu dalam lima tahun berikutnya?” kata Amir.

Menurut dia prinsip pemenuhan hak ekonomi, sosial, dan budaya ini adalah harus menjangkau dan terjangkau. Sehingga pola berfikir top down dari pusat ke daerah sangat sulit dijangkau.

“Jadi ini persis orang Jakarta melihat wilayah per wilayah. Ke depan saya berharap ini lebih tajam lagi. Karena gagasan capres ini yang akan dijadikan pola rancangan oleh Bappenas,” tegasnya.

Masih kata Amir, jika melihat UU Nomor 11/2005 tentang Ratifikasi Konvenan Hak Sosial, Ekonomi dan Budaya, maka belum sepenuhnya dielaborasi oleh kedua cawapres tadi malam.

“Tadi malam itu kita belum lihat ketersediaan seperti apa yang mau dirancang lima tahun ke depan untuk menjawab persoalan di bidang pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan di Indonesia,” pungkas Amir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA