Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Kurang Puas Dengan Debat Maruf Vs Sandi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 18 Maret 2019, 14:57 WIB
Komnas HAM Kurang Puas Dengan Debat Maruf Vs Sandi
Sandiaga Uno dan Maruf Amin/Net
rmol news logo Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kurang puas dengan hasil debat ketiga Pilpres 2019 yang mempertemukan dua calon wakil presiden, Maruf Amin dan Sandiaga Uno.

Menurut Komisioner Komnas HAM, Amiruddin, kedua cawapres gagal menjelaskan secara detail rencana yang akan dilakukan di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya.

“Mungkin juga kedua cawapres belum mendalami persoalan-persoalan yang menonjol belakangan ini dalam konteks pendidikan,” ucap Amir saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (18/3).

Jika dikaitkan dengan data yang dihimpunnya, maka masalah tenaga kerja Indonesia yang mayoritas lulusan SMP harus dicarikan solusi secara detai.

Kedua cawapres, seharusnya menjelaskan rinci pemecahan solusi lima yang akan diambil untuk mengatasi masalah tersebut lima tahun ke depan.

“Roadmap-nya akan seperti apa sebenarnya? Kalau bicara link and match, bagaimana me-link-kan lulusan SMP ini dan match-nya di mana itu? Karena tidak terjabarkan itu menjadi istilah besar tapi kita nggak tahu isinya akan seperti apa?” tanyanya.

Baginya, tema debat yang dibahas tadi malam berhubungan erat dengan HAM. Sebab, tema tersebut menyentuh langsung pelayanan kepada segenap rakyat Indonesia.

“Tapi saya melihat, mungkin kedua cawapres kita belum familiar dengan UU 11/2005 tentang Hak-hak Sosial, Ekonomi, dan Budaya. Sehingga eksplorasinya nggak berkembang dari situ,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA