Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Kemenlu, KPU Ngecek Surat Suara Nyasar Di Hongkong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 19 Maret 2019, 05:53 WIB
Gandeng Kemenlu, KPU Ngecek Surat Suara Nyasar Di Hongkong
RMOL. Beberapa waktu lalu, publik digegerkan dengan adanya temuan surat suara pemilu yang nyasar ke Hongkong. Terkait hal itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pengecekan terkait adanya surat suara nyasar tersebut.

“Kita telah bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri untuk mengatasi permasalahan tersebut,” kata Ketua KPU Arief Budiman di komplek DPR, Jakarta, Senin (18/3).

Namun, Arief mengatakan telah meminta divisi terkait untuk mengecek kejadian tersebut. Dia pun belum sepenuhnya memahami informasi yang sudah menjadi viral di masyarakat itu.

"Jadi kita sudah minta kepada pokja (kelompok kerja) luar negeri yang terdiri dari KPU dan Kemenlu untuk melakukan pengecekan lagi dan melakukan penarikan untuk didistribusikan ulang atau dikirimkan ulang sesuai dengan alamat yang semestinya," bebernya.

Arief menerangkan untuk memastikan kejadian surat suara nyasar tersebut tidak terulang kembali pihaknya telah meminta pihak terkait untuk menjalankan proses distribusi sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Dia menyebut terkait SOP pengiriman surat suara itu sendiri telah diberikan sedari awal sampai proses pengiriman itu berlangsung.

"Bahkan ketika dimasukkan ke dalam kardus, kardusnya juga sudah kita minta untuk diidentifikasi. Jadi mulai dari awal sampai mau dikirimkan sebetulnya sudah diidentifikasi betul agar tidak salah alamat," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA