Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Kompas Belum Rekam Pergeseran Pasca Debat Ketiga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 20 Maret 2019, 16:47 WIB
Survei <i>Kompas</i> Belum Rekam Pergeseran Pasca Debat Ketiga
Renanda Bachtar/Net
rmol news logo Hasil survei Litbang Kompas disambut baik kubu pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebab dalam survei tersebut, pasangan nomor urut 02 itu menunjukkan tren elektabilitas yang meningkat sejak Oktober 2018.

Sementara bagi Jokowi-Maruf sebaliknya. Pasangan ini mengalam tren menurun. Bahkan pada Maret, elektabilitas mereka merosot di bawah 50 persen, yakni 49,2 persen.  

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar yakin elektabilitas pasangan Prabowo-Sandi akan terus meningkat. Apalagi survei tersebut masih belum mempertimbangkan pergeseran pemilih dari hasil debat calon wakil presiden Minggu malam lalu.

Renanda mengakui bahwa hasil debat memang tidak akan berpengaruh pada pemilih fanatik.

"Bagi pendukung fanatik paslon 01 dan 02 apapun hasil debat tidak akan menggoyahkan keyakinan pilihan mereka," ujar Renanda kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (20/3).

Namun debat sangat berpengaruh pada undecided voters atau pemilih yang merahasiakan pilihannya. Diyakini Renanda, kelompok pemilih ini cenderung dinamis seiring hasil debat.

"Bagi kelompok undecided dan swing voters, debat bisa membantu meyakinkan mereka siapa yang lebih layak didukung," tukasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA