Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Kerahkan Upaya Tangkal Peretasan Situng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 20 Maret 2019, 17:45 WIB
KPU Kerahkan Upaya Tangkal Peretasan Situng
Ilham Saputra/RMOL
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya untuk memastikan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019 tak bisa diretas.

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menjelaskan bahwa Situng merupakan informasi awal bagi hasil pemungutan suara layaknya pemilu-pemilu sebelumnya. Bedanya hanya pada pemindaian sertifikat hasil pemungutan suara di TPS atau formulir C1.

"Formulir C1 itu harus kita scan dan kita masukkan ke dalam sistem server kita," katanya saat ditemui di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Diakuinya bahwa pada pilkada lalu, tak jarang situs KPU down akibat diretas oleh hacker. Namun untuk mengantisipasi itu, pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait.

"Makanya sekarang kita terus mengantisipasi berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait biar tak terjadi lagi," tandasnya.

Meski demikian, dia menekankan bahwa Situng hanya salah satu informasi terkait hasil pemilu yang ingin dipersembahkan oleh KPU ke masyarakat.

Namun sesuai UU 7/2017 tentang Pemilu, tetap saja hasil perhitungan resmi hanya melalui rekapitulasi yang dilakukan secara manual.

"Hasil resmi menurut UU 7/2017 dia tetap menggunakan rekapitulasi manual dari TPS di bawa ke Kecamatan di TPS nya berapa kemudian dihitung di tingkat kabupaten kota dan dibawa ke provinsi dan terakhir di KPU RI. Bukan hasil dari Situng," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA