Pengamat: Mustahil Ada Pengusaha Main Satu Kaki

Jumat, 22 Maret 2019, 12:12 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Pangi Syarwi Chaniago/Dok

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) terpecah dalam Pemilihan Presiden 2019.

Secara struktur di bawah kepemimpinan Aksa Mahmud mendukung pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin. Tapi mayoritas anggota HIMPI condong ke paslon 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.  

Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menanggapi wajar. Sebab menurut dia, tidak mungkin pengusaha bermain satu kaki.

"Sudah rahasia umum dan habitusnya pengusaha itu nggak ada istilah loyal membabi buta. Mereka harus berbagi peran, mungkin strukturalnya saja HIPMI yang di Jokowi, yang anggotanya dan sebagian elitnya di kubu Prabowo. Hampir nggak ada pengusaha yang main satu kaki," ujar Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (22/3).

Pangi menambahkan, para pengusaha pasti sudah memperhitungkan detail jika salah satu pasangan capres-cawapres menang Pilpres 2019.

"HIMPI terutama Erwin Aksa ini dipasang ke Prabowo, Aksa Mahmud dipasang di kubu Jokowi. Itu kan dua kaki namanya, mereka takut juga raksasa bisnis mereka terganggu, ketika gerbong yang mereka dukung kalah," terangnya.

Sebelumnya, Erwin Aksa Maksud menegaskan bahwa sebagian para pengusaha tergabung di HIPMI sudah menentukan pilihan kepada paslon 02, meski ketua umum organisasi yang pernah dipimpinnya itu mendukung kandidat lain.

"HIPMI ini kepalanya saja ada di sana. Tapi badan dan hatinya di sini dan nyoblosnya Prabowo-Sandi," ujar Erwin Aksa dalam sambutannya pada acara deklarasi Aliansi Pengusaha Nasional untuk Prabowo-Sandi di Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis malam (21/3).

Kolom Komentar


loading