Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menag Optimis RUU Pesantren Segera Rampung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 26 Maret 2019, 01:21 WIB
Menag Optimis RUU Pesantren Segera Rampung
Menag Lukman Hakim Saifuddin/RMOL
rmol news logo . RUU Pesantren dan Pendidikan Agama terus digodok oleh Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR RI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifudin menargetkan RUU ini rampung dalam periode ini.

“Pembahasan RUU tentang pesantren ini bisa dibahas dan dituntaskan agar bisa mendapat persetujuan bersama antara DPR dengan pemerintah pada periode sekarang ini. Makannya pemerintah berharap sebelum berakhirnya masa bakti atau periode sekarang, pembahasan RUU ini bisa dituntaskan,” ungkap Menag Lukman di kompleks DPR, Jakarta, Senin (25/3).

Dia optimis RUU ini rampung tepat waktu. Sebab sudah tidak ada lagi perbedaan pandangan yang signifikan dari kedua institusi antara pemerintah dengan DPR.

“Karena semangatnya sama, ingin memberikan rekognisi/pengakuan terhadap eksistensi pesantren dan penguatan terhadap kelembagaan ini dan saya sangat optimis sebelum berakhirnya masa bakti DPR ini bisa dituntaskan,” tegasnya.

Kader PPP itu menyatakan bahwa RUU ini sangat penting mengingat peran pesantren bagi kemajuan bangsa dan negara sangat tinggi. Bahkan Lukman menyebut pesantren merupakan lembaga pendidikan khas Indonesia yang sudah ada sejak lama.

“Pengakuan sebagai sebuah lembaga yang sangat tua bahkan ini lembaga asli pendidikan di Indonesia. Pesantren hakikatnya tidak semata sebagai lembaga pendidikan Islam saja, dia juga lembaga dakwah, dia juga lembaga pemberdayaan masyarakat yang karenanya perlu pengaturan yang lebih jelas,” tandasnya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA