Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LIPI Tidak Pernah Keluarkan Hasil Survei Prabowo-Sandi Unggul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 26 Maret 2019, 10:19 WIB
LIPI Tidak Pernah Keluarkan Hasil Survei Prabowo-Sandi Unggul
Firman Noor/Net
rmol news logo Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantah terlibat dalam hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden 2019 seperti disampaikan dalam diskusi "Migrasi Suara Pilpres 2019: Hasil Survei versus Realitas" yang digelar Rumah Demokrasi di Jakarta, Minggu (24/3) lalu.

"LIPI tidak pernah mengeluarkan hasil survei yang menyatakan elektabilitas Jokowi-Maruf 40,30 persen, Prabowo-Sandi 45, 45 persen, dan tidak tahu/tidak jawab 14,25 persen," kata Kepala Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Firman Noor melalui siaran pers, Selasa (26/3).

Menurut Firman,  dua peneliti LIPI, yakni Firman Noor dan Aisah Putri Budiatri hadir dalam diskusi tersebut sebagai narasumber untuk mencermati secara umum peluang migrasi suara dalam Pemilu 2019, dengan melihat peluang migrasi dapat terjadi melalui perpindahan dari satu pasangan calon ke pasangan calon lain, danatau dari swing voter ke salah satu paslon.

Peneliti LIPI, yakni Firman Noor dan Aisah Putri Budiatri, hadir dalam diskusi tersebut sebagai narasumber untuk mencermati secara umum peluang migrasi suara dalam Pemilu 2019, dengan melihat peluang migrasi dapat terjadi melalui perpindahan dari satu pasangan calon ke pasangan calon lain, dan/atau dari swing voter ke salah satu pasangan calon.

Terkait dengan pemberitaan video 20 detik oleh Detik.com maka hal ini dapat menimbulkan interpretasi yang menyesatkan dan menimbulkan kesalahpahaman sehingga LIPI meminta laman berita tersebut dihapus dan menuntut permohonan maaf oleh pihak Detik.com.

Firman semua pihak agar lebih cermat, berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menyampaikan atau menyebarluaskan berita kepada publik agar tidak terjebak pada pemberitaan hoaks yang dapat merugikan kredibilitas sebuah lembaga, khususnya lembaga penelitian seperti LIPI.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA