Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Selama Masih Ada Ketimpangan, Kerukunan Cuma Lips Service

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 29 Maret 2019, 17:15 WIB
Rizal Ramli: Selama Masih Ada Ketimpangan, Kerukunan Cuma <i>Lips Service</i>
Rizal Ramli/Net
rmol news logo Ketimpangan sosial antara bumiputra dan non bumiputra yang terus melebar selalu memunculkan potensi konflik. Akibatnya, kerukunan etnis, agama, dan ras yang ada di Indonesia bisa terpecah belah.

Ekonom senior DR Rizal Ramli mengamati fenomena itu. Oleh karenanya, dia berharap pemerintahan yang baru benar-benar berkomitmen untuk berpihak kepada bumiputra.

“Kita satu-satunya negara yang ada ketimpangan sosial kelompok growth dan ungrowth, antara bumiputra dan non bumiputera,” ucap RR di kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (29/3).

Dia yakin jika ketimpangan itu diberantas, maka kerukunan antar anak bangsa bisa berjalan semakin baik dengan. Untuk itu, dibutuhkan komitmen yang baik dari pemerintah yang akan memimpin lima tahun ke depan dalam menghadirkan pertumbuhan ekonomi yang berkeadian.

“Kerukunan antar kelompok, antar etnis semakin kuat. Kebangsaan kita semakin kuat. Kalau masih ada ketimpangan, maka sama saja lips service,” tegasnya.

Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid ini turut menyoroti masalah kecumburuan sosial akibat ketimpangan yang terjadi selama tiga tahun terakhir. Menurutnya, masalah itu bisa diatasi jika ada pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

“Dengan growth of equality akan menciptakan harmoni yang langgeng di antara berbagai latar belakang sosial dan kelompok etnis di Indonesia,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA