Demi Kelancaran Pemilu, ASN Kemendagri Harus Jaga Netralitas Dan Profesionalitas

Jumat, 29 Maret 2019, 22:43 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Apel Kebangsaan Kemendagri/RMOL

Kementerian Dalam Negeri menggelar apel aparatur sipil negara (ASN) untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu yang damai dan demokratis. Khususnya, menolak kampanye ujaran kebencian, hoax, dan fitnah.

Apel digelar di halaman Kantor Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (29/3). Acara ini dihadiri ratusan ASN lingkup Kemendagri.

Ada beberapa poin yang ditekankan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo selaku inspektur apel kebangsaan tersebut.

Pertama, mengajak ASN untuk mendukung suksesnya pemilu dan pilpres serentak tahun 2019, demi terwujudnya sistem presidensial yang semakin efektif berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian fitnah dan ujaran yang bermuatan sara dan hoax

“Kami juga mendukung serta mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika. Serta lebih mengedepankan adu program, adu konsep, adu gagasan sebagai bagian dari pendidikan praktik yang bermartabat," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Soedarmo juga mengajak ASN menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menyalurkan hak dan kewajiban politik secara bertanggung jawab.

ASN, sambungnya, juga mengajak seluruh warga negara untuk menggunakan hak pilih secara drmokratis pada tanggal 17 April 2019.

"Termasuk, mendukung tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berazaskan Pancasila UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika," tandas Soedarmo.

Kolom Komentar


loading