Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PEMILU 2019

ASN Diminta Ikut Pantau Aktivitas Jelang Pencoblosan, Termasuk Serangan Fajar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 30 Maret 2019, 08:19 WIB
ASN Diminta Ikut Pantau Aktivitas Jelang Pencoblosan, Termasuk Serangan Fajar
Soedarmo/RMOL
rmol news logo . Menjelang hari pencoblosan pemilihan, biasanya kerap diwarnai aksi bagi-bagi duit alias serangan fajar. Tim sukses mendatangi rumah warga untuk memberikan sejumlah uang agar jagoaannya dipilih.

Menanggapi itu, Kementerian Dalam Negeri (Kememdagri) menghimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut melakukan monitoring jelang Pemilu serentak 2019.

"ASN ini fungsinya hanya memonitor, tentunya eksekutor nanti ada pengawas dalam hal ini jajaran Bawaslu termasuk juga Gakummdu. Tapi ASN juga punya peran untuk memantau untuk mendeteksi kalau memang pada saat itu menemukan mungkin saja ada serangan fajar," kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Soedarmo usai memimpin apel sore di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (29/3).

Meski hanya memonitoring, peran ASN dinilai penting untuk memantau wilayah mereka. Seperti di lingkungan rumah, kantor, komunitas dan lain-lain.

Jika menemukan ada pelanggaran, itu akan langsung dilaporkan ke lembaga yang berkompeten yakni Bawaslu dan KPU serta Gakummdu.

"Segera laporkan pada eksekutor, kita fungsinya mendeteksi, ASN bagian dari pemerintah yang bertugas dan fungsinya mendeteksi memantau dan memonitor sesuatu atau segala sesuatu yang bisa mengganggu Pemilu 2019 ini," tutup Soedarmo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA