Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Titik Yang Jadi Perhatian Serius Saat Pencoblosan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 01 April 2019, 01:58 WIB
Tiga Titik Yang Jadi Perhatian Serius Saat Pencoblosan
Surat suara/Net
rmol news logo Simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu Serentak 2019 digelar KPU Pandeglang di Kecamatan Saketi, Minggu (31/3). Simulasi digelar untuk memperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan saat pencoblosan, 17 April mendatang.

"Kami ingin melihat pada tahap mana yang harus mendapatkan perhatian serius agar pelaksanaan pemilu nanti tepat waktu, efisien dan efektif. Karena, pada pelaksanaan pemilu nanti tidak jauh beda dengan pelaksanaan hari ini," kata Ahmad Sudjai seperti dikutip RMOLBanten.

Simulasi digelar lantaran pemilu serentak baru kali ini dilakukan. Sehingga butuh prediksi agar tidak gelaran tersebut bisa berjalan lancar dan efektif.

“Apalagi, SOP-nya dalam pelaksanaan di TPS saat dimulai acara ada pengucapan janji dulu, dilanjutkan pembukaan kotak suara, menerima formulir C6, dan pemilih harus mengisi daftar hadir," terangnya.

Simulasi ini pun berhasil menemukan tiga titik yang butuh perhatian khusus. Ketiganya ada pada petugas keamanan, pengisian formulir, dan memasukan surat suara ke dalam kotak.

“Sebelum masuk ke TPS masyarakat akan diperiksa dulu petugas keamanan. Pada pengisian formulir terhitung lama karena harus mencatat biodata dan usai pencoblosan biasanya kebingungan memasukan surat suara karena ada lima surat suara," ujarnya.

"Sebab itu, perlu dibuat entri poin untuk Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mempermudah sehingga dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, sehingga dapat mengurai proses pelaksanaan," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA