Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Capres Sama-sama Tidak Punya Konsep HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 02 April 2019, 03:42 WIB
Dua Capres Sama-sama Tidak Punya Konsep HAM
Ahmad Taufan Damanik/Net
rmol news logo Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyayangkan sikap dari kedua calon presiden dalam debat keempat Pilpres 2019. Sebab, tidak ada yang mengutarakan prinsip-pinsip HAM dalam menjalankan pemerintahannya kelak.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menilai kedua capres hanya berbicara akan membangun pemerintahan yang kuat dan efektif.

"Sama sekali tidak menyinggung bagaimana prinsip-prinsip HAM detail dalam pemerintahan yang kuat, efektif," katanya dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (1/4).

Pasalnya, kata Taufan, seluruh negara-negara di dunia yang menjalankan demokrasi, tolak ukur pemerintahannya adalah menjalankan prinsip HAM. Karena, dalam sistem demokrasi modern, negara itu dikatakan kuat jika semua rakyatnya terlindungi.

"Bukan subjektivitas dari negara atau pemerintah itu, tidak. Tapi apakah rakyat di situ terlindungi dari suatu pemerintah," tegasnya.

Dalam membahas tema pemerintahan, Taufan menilai kedua capres sama sekali tidak memberikan gambaran terkait prinsip HAM yang akan dijalankan.

"Kita tentu setuju pemerintahan yang bersih, kuat, efektif good government dan sebagainya, tapi prinsip hak asasinya di mana?" sesal Taufan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA