Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILPRES 2019

Indo Barometer: Warga Muhammadiyah Dan Nahdliyin Lebih Banyak Pilih Jokmar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 02 April 2019, 21:47 WIB
Indo Barometer: Warga Muhammadiyah Dan Nahdliyin Lebih Banyak Pilih Jokmar
Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto/RMOL
rmol news logo . Mayoritas warga Muhammadiyah memilih pasangan Joko Widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019.
Pasangan yang didukung koalisi gemuk PDIP, Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, PKB, PSI, Perindo, PKPI dan PBB itu dipilih 45% warga persyarikatan yang memiliki hak pilih.

"Untuk pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dipilih 35 persen pemilih Muhammadiyah," kata peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto saat merilis hasil survei terbaru di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

Survei dilakukan pada 15-21 Maret di 34 provinsi dengan jumlah responden 1.200 orang dan margin of error 2,83% pada tingkat kepercayaannya 95%.

Hadi mengungkap hasil survei juga memotret 20% pemilih persyarikatan belum menentukan pilihannya. Dia menjelaskan keunggulan Jokowi-Maruf di kalangan warga Muhammadiyah dikarenakan Jokowi dianggap sering menyapa mereka.

"Bisa jadi selama ini Jokowi rajin turun ke tempat-tempat, kampus-kampus Muhammadiyah, kemudian mengajak tokoh Muhammadiyah yang kemudian memberikan simpati bagi pemilih Muhammadiyah itu sendiri," beber Hadi.

Jokowi-Maruf juga unggul di kalangan pemilih Nahdlatul Ulama (NU). Duet Jokmar mendapat dukungan sebesar 54% nahdliyin adapun duet Prabowo-Maruf hanya mendapat 35% pilihan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA