Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Tak Punya Bukti Menlu Retno Kampanye Jokowi Di Saudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 02 April 2019, 22:03 WIB
Bawaslu Tak Punya Bukti Menlu Retno Kampanye Jokowi Di Saudi
Anggota Bawaslu RI Afifuddin/RMOL
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah merespon informasi mengenai perintah Menlu Retno Marsudi kepada staf di KBRI dan KJRI di Mekkah, Arab Saudi, untuk memenangkan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hasilnya nihil bukti.

"Kami tidak dapatkan bukti video dan lainnya, sehingga informasi ini kemudian kami mintakan keterangan kepada pihak Kemlu dan sudah dibantah dalam keterangan resmi dari rilis yang sudah disampaikan KBRI," ungkap Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, di Media Center, KPU, Jakarta, Selasa (2/4).

Informasi adanya perintah Menteri Retno sebelumnya disampaikan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Ia menyebut Menlu memerintahkan seluruh staf di KBRI dan KJRI di Mekkah untuk memenangkan Jokowi-Maruf dengan nada mengancam saat menggelar pertemuan di Riyadh.

Dari konfirmasi ke pihak Kemlu, sebut Afifuddin, Menteri Retno berkunjung ke Jeddah tetapi tidak ke Riyadh. Situasi saat Retno berbicara di sana juga sudah didapatkan Bawaslu berdasarkan penjelasan Kedubes.

Meski demikian, kata Afifuddin, pihaknya terbuka dan siap menerima dan akan mendalami jika ada bukti yang menguatkan.

"Jika ada bukti dan lain-lain, kami dalam posisi siap menerima dan mendalami. Sejauh ini kami belum dapatkan data sebagaimana yang disampaikan Habib Rizieq. Belum kami lihat (bukti) sama sekali. Kami juga belum terima jajaran pengawas luar negeri. Kami cek belum bisa mendapatkan informasi lebih dari itu," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA