Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jarak Jadi Hambatan PPLN Jangkau Pemilih Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 03 April 2019, 03:33 WIB
Jarak Jadi Hambatan PPLN Jangkau Pemilih Luar Negeri
Surat suara/Net
rmol news logo Tidak ada jaminan semua pemilih yang berada di luar negeri bakal mampu menyalurkan aspirasinya di hari pencoblosan pada tanggal 17 April mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jarak yang terlalu luas sebuah negara dan jumlah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang terbatas menjadi hambatan penyebabnya.

Begitu kata Ketua Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Lalu Muhammad Iqbal usai melakukan sosialisasi pemilu kepada perwakilan negara-negara sahabat Indonesia di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (2/4).

Dia mencontohkan sebaran WNI yang di Rusia yang memiliki sembilan zona waktu.

"Jadi di luar jangkauan kita. Kalau di Siberia sana tidak terjangkau," jelasnya.

"Saya kira hambatan yang paling besar jarak ya, sebaran WNI kita dan yang kedua bahwa kita tidak punya akses sebagaimana ketua RT RW di dalam negeri karena jaraknya jauh," tegas Iqbal

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja PPLN Wajid Fauzi menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah dalam proses penyempurnaan pengiriman-pengiriman logistik yang kurang.

Diakuinya beberapa destinasi memang tidak mudah untuk dijangkau. Selain itu, item pengiriman juga kurang.

"Kita berharap betul pada saat sebelum pemilu kita laksanakan, semua logistik sudah sampe di perwakilan atau PPLN masing-masing," tandasnya.

Sebanyak 130 PPLN menangani WNI yang tersebar di 98 negara, dengan jumlah total pemilih sebanyak 2.058.191. Malaysia menjadi negara dengan pemilih luar negeri terbanyak dengan 1,1 juta orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA