Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didukung 'Big Four', Langkah Prabowo Jungkalkan Jokowi Kian Mudah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 08 April 2019, 21:26 WIB
Didukung 'Big Four', Langkah Prabowo Jungkalkan Jokowi Kian Mudah
Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Keberadaan sejumlah tokoh nasional dalam barisan Paslon 02 Prabowo-Sandiaga dinilai sebagai satu keuntungan. Setidaknya, ada dua peran penting yang dimainkan mereka dalam upaya memenangkan penantang petahana.

Demikian disampaikan Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno saat menanggapi peranan 'big four' dalam barisan Prabowo. Keempatnya adalah Rizal Ramli, Rachmawati Soekarnoputri, Titiek Soeharto dan Hashim Djojohadikusumo.

Adi menjelaskan, peran pertama yang dimainkan tokoh-tokoh tersebut adalah sebagai vote gatter, yaitu untuk mendulang suara.

"Karena bagaimanapun tokoh-tokoh itu punya pasar masing-masing, pasar elektoral," kata Adi kepada kantor berita politik RMOL, Senin (8/4).

"Rizal Ramli pasarnya tentu kelompok-kelompok kritis yang selama ini merasa tidak puas dengan kebijakan pemerintah. Mbak Titiek, tentunya dia ingin menyasar orang-orang yang merindukan kejayaan mendiang Soeharto," imbuhnya.

Keempat tokoh itu, lanjut Adi, memang sengaja dipasang sebagai magnet elektoral untuk Prabowo-Sandi. Pasalnya, mereka semua memiliki segmentasi masing-masing di kalangan pemilih.  

Sementara, peran kedua yang dimainkan keempat tokoh itu adalah influencer. Ia menjelaskan, dalam peran ini semua tokoh berupaya untuk menghembuskan informasi positif tentang Paslon 02 kepada masyarakat luas.

"Dua hal ini yang saya kira 02 juga relatif terbantu. Karena bagaimanapun tokoh-tokoh ini memiliki basis loyalitas yang beda-beda," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA