Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat Jelaskan Arti Dukungan Sri Sultan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 10 April 2019, 09:20 WIB
Pengamat Jelaskan Arti Dukungan Sri Sultan
Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, Titiek Soeharto, Prabowo Subianto, GKR Hemas, Sri Sultan Hamengku Buwono X, bersama Rachmawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Dukungan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X sangatlah penting untuk memperebutkan suara pemilih di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tapi bukan untuk Pulau Jawa secara keseluruhan.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin mengatakan, memperoleh dukungan dari setiap kepala daerah sangatlah penting untuk memastikan tingkat elektabilitas di Pilpres nanti kian moncer.

"Sultan merupakan Gubernur DIY. Dia dicintai rakyatnya, rakyat Yogyakarta. Tentu ucapannya akan didengar oleh rakyatnya," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (10/4).

Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo telah lebih dahulu bertemu Sri Sultan pada Sabtu malam (23/3) bulan lalu. Jokowi ketika itu bersama elite PDIP di antaranya Megawati Soekarnoputri, Hasto Kristiyanto, dan Eko Suwanto.

Sri Sultan juga telah bertemu calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto pada Senin (8/4) lalu. Pertemuan berlangsung di Bangsal Kepatihan yang dihadiri Ketua BPN Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, Wakil Ketua BPN Rachmawati Soekarno Putri, Titiek Soeharto dan tokoh senior di jajaran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Yogyakarta, Syukri Fadholi.

Sementara Sri Sultan didampingi sang istri, Gustri Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

Menurut Ujang, dukungan Sultan bukan berarti mempengaruhi suara pemilih di Jawa secara keseluruhan.

"Pengaruh Sultan ada dalam wilayah kekuaasaannya. Yaitu di Yogyakarta," pungkas Ujang yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA