Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengapa Dukungan Sri Sultan Sangat Penting

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 10 April 2019, 09:42 WIB
Mengapa Dukungan Sri Sultan Sangat Penting
Sri Sultan Hamengku Buwono X/Net
rmol news logo Pertemuan antara Sultan Hamengku Buwono X dengan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto di Yogjakarta, Senin (8/4) lalu, jadi sorotan.

Pengamat komunikasi politik asal Univesitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad menilai silaturahmi capres jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) lumrah saja.

"Fenomena ini juga sama sebenarnya 2014 kan, juga hampir setiap Pemilu. Pasca reformasi, Pilpres langsung itu ketika Sultan tidak ikut jadi peserta kampanye. 2009, SBY juga datang, 2004 Mega dan SBY juga datang, kemudian 2014 juga sama Prabowo dan Jokowi juga datang artinya Sultan sering dikunjungi itu hal yang biasa," ujar Nyarwi kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Nyarwi menyebutkan ada dua alasan para capres menemui Sri Sultan.

"Pertama simbolik tadi, sosok simbolik raja Jawa atau beyond territory Yogja. Artinya masyarakat background pemilih Jawa dan orang yang berpikir gitu cukup besar elektoral market-nya," terangnya.

Alasan keduanya, menurut dia, Sultan juga dikenal sebagai tokoh reformasi 98.

"Dia sosok reformasi, dan itu masih dianggap punya daya magnetik dua-duanya punya kontribusi buat masing-masing paslon setiap Pilpres," imbuhnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA