Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKH Jurus Ampuh Turunkan Kemiskinan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 11 April 2019, 12:54 WIB
PKH Jurus Ampuh Turunkan Kemiskinan
Budiman Sudjatmiko/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo serius dalam menurunkan angka kemiskinan di negeri ini. Terbukti pada 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa angka kemiskinan Indonesia tinggal satu digit, yakni 9,66 persen.

Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko menegaskan bahwa beragam upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Mulai dari penyediaan lapangan pekerjaan hingga pemberian bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

“Program conditional cash transfer Indonesia itu termasuk yang mendapat penghargaan dari Bank Dunia sebagai upaya mengatasi kemiskinan yang sangat signifikan,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (11/4).

PKH, sambung Budiman, merupakan jurus yang ampuh karena bisa menurunkan angka kemiskinan dari 27 juta menjadi 25 juta. Terlebih, ada skenario ganda membantu keluarga miskin sekaligus memaksa anak-anak mereka tetap sekolah. Sehingga indikator indeks pembangunan manusianya juga meningkat.

“Jadi jumlah penduduknya bertambah, tapi secara akumulatif mengalami penurunan jumlah masyarakat miskin,” kata anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf itu.

Sementara mengenai pertumbuhan ekonomi yang mandek di angka 5 persen, Budiman menyebut bahwa pertumbuhan itu tidak terlalu menjadi masalah sebab diikuti oleh upaya pemerataan.

“Jadi walau pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan pembangunan akses dan koneksivitas, tapi belanja sosial tetap dilakukan,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA