Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemanasan Debat Terakhir, INDEF Sampaikan 10 Permasalahan Krusial Bidang Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Kamis, 11 April 2019, 14:20 WIB
Pemanasan Debat Terakhir, INDEF Sampaikan 10 Permasalahan Krusial Bidang Ekonomi
Debat Pilpres/Net
rmol news logo . Debat babak kelima atau terakhir Capres dan Cawapres Pilpres 2019 pada 13 April mengangkat tema "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri".

Persoalan ekonomi dan kesejahteraan sosial dinilai masih menjadi permasalahan utama di Indonesia. Di sisi lain, sektor keuangan negara, investasi, perdagangan dan industri dinilai menjadi solusi dalam mengentaskan persoalan ekonomi dan kesejahteraan sosial yang dihadapi.

Melihat urgensi tema debat terakhir, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyampaikan 10 permasalahan krusial bangsa di bidang ekonomi yang diharapkan dapat disentuh dan diberikan solusi.

Demikian disampaikan dalam jumpa pers INDEF dengan tema "Pemanasan Debat Kelima: Tantangan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" di Jakarta, Kamis (11/4).

Pertama, urgensi memperbaiki kuantitas dan kualitas pertumbuhan ekonomi. Kedua, daya beli tidak tergugah, saat inflasi cenderung rendah.

Ketiga, kalah saing mengungkit daya saing. Keempat, siapapun presidennya, impor pasti, dan akan tetap jalan.

Kelima, deindustrialisasi adalah hal lumrah, namun di Indonesia terjadi lebih cepat dari negara ASEAN lainnya. Keenam, logistik sekarat, perdagangan tidak terangkat.

Ketujuh, revolusi industri 4.0 tidak lebih dari sekadar euforia dan gimmick politik. Kedelapan, rendahnya kinerja perpajakan dan peningkatan risiko utang.

Kesembilan, problematika dana desa. Kesepuluh, inkonsistensi kebijakan subsidi energi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA