Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kronologi Penggerebekan Surat Suara Tercoblos Di Malaysia Menurut Panwaslu KL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 11 April 2019, 21:13 WIB
Kronologi Penggerebekan Surat Suara Tercoblos Di Malaysia Menurut Panwaslu KL
Surat suara sudah dicoblos di Malaysia/Net
rmol news logo Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur membeberkan kronologi detail peristiwa penggerebekan temuan keras suara yang sudah dicoblos di sebuah ruko, Kamis (11/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yaza Azzahara Ulyana mengatakan, pihaknya pertama kali menerima aduan dari relawan sekber satgas BPN PADI Malaysia (Prabowo-Sandi) bernama Parlaungan pada Pukul 12.48.

"Laporan tersebut melalui pesan Whatsapp bahwa ada dugaan penyeludupan surat suara yang dilakukan oleh oknum tertentu," kata Yaza.

Mendengar laporan tersebut, ia bersama seorang anggota Panwaslu Kuala Lumpur bernama Rizki Israeni Nur kamudian menuju ke lokasi dan tiba sekitar pukul 13.00.

Yaza dan Rizki tiba di lokasi yang beralamat di Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

"Tempat tersebut merupakan sebuah lot toko yang sudah dipenuhi dengan surat suara yang berada di dalam bag diplomatik sebanyak kurang lebih 20 buah, 10 kantong plastik hitam, dan kurang lebih 5 karung goni berwarna putih dengan tulisan Pos Malaysia," jelasnya.

Diperkirakan, jumlah surat suara yang berada di lokasi pertama sejumlah 10-20 ribu buah dan jumlah yang kurang lebih sama juga berada di lokasi kedua.

Berdasarkan sampel yang di buka di lokasi, semua surat suara telah di coblos pada paslon 01. Untuk surat suara legislatif sudah di coblos partai Nasdem dengan caleg Nasdem DPR RI nomor urut 3.

Pukul 13.30, sebanyak 6 orang Pihak Polis Diraja Malaysia perwakilan Sungai Tangkas datang ke lokasi dan meminta keterangan dari beberapa saksi yang berada di lokasi tersebut. Berdasarkan keterangan kepolisian, pihaknya merekomendasikan pihak kedutaan besar mengambil semua surat suara di lokasi penyimpanan tersebut.

"Pukul 14.20, pihak polisi memasang garis polisi dan pukul 14.30 Panwaslu Kuala Lumpur menerima informasi tambahan dari Anggota Satgas BPN PADI telah di temukan lokasi lain lagi yang menjadi gudang penyimpanan surat suara POS," tambah Yaza.

Lokasi tersebut diketahui berada di sebuah rumah di kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor yang berjarak 15 menit dari lokasi pertama. Pukul 15.00, Panwaslu Kuala Lumpur kemudian pergi ke Balai Polis Sungai Tangkas guna membuat laporan kepolisian terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu tersebut.

Laporan di pihak kepolisian Sungai Tangkas saat ini dalam tahap pemeriksaan.

Pukul 17.00, Panwaslu Kuala Lumpur tiba di lokasi kedua dan langsung menuju ke lokasi penyimpanan surat suara. Kali ini ditemukan sejumlah 158 karung dengan bobot surat suara sebanyak 216-230 per karungnya.

"Surat suara yang dicoblos yaitu capres 01 dengan Caleg DKI Dapil 2 Nasdem No 2. Terdapat juga beberapa lembar surat suara tercoblos caleg Demokrat nomor urut 3. Jumlah keseluruhan surat suara di dua lokasi berjumlah 40-50 ribu surat suara," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA