Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Malu Kita Ribut Di Negeri Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 12 April 2019, 10:59 WIB
Malu Kita Ribut Di Negeri Orang
Adi Prayitno/Net
rmol news logo Temuan surat suara tercoblos di Malaysia telah mempermalukan demokrasi Indonesia di mata asing. Sebab, Indonesia selama ini dikenal sebagai negara demokrasi terbesar di dunia dan seharusnya memberi contoh ke negara lain.

Begitu kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (12/4).

"Malu lah kita ribut di negeri orang. Kok demokrasi yang paling besar ketiga di dunia praktek politiknya curang, memanipulasi, justru dipertontonkan dipamerkan di negara lain," kata Adi.

Menurutnya, Indonesia tidak akan terlalu malu jika isu kecurangan pemilu itu muncul di dalam negeri. Karena isu itu tidak menjadi isu dunia dan mencoreng demokrasi yang dibangun di Indonesia.

Namun untuk di negara lain, sambung Adi, Indonesia harus tetap memperlihatkan proses demokrasi yang baik.

"Ya kalau ini terjadi di Ciputat ataupun Depok nggak seheboh begini. Ini yang saya bilang jangan sampai aura permusuhan, aura kecurangan itu dipertontonkan di depan negara lain, gitu. Jadi malu ini kita ribut di negara orang," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA