Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harusnya KPU Dan Bawaslu Tak Sulit Ungkap Skandal Surat Suara di Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 12 April 2019, 13:22 WIB
Harusnya KPU Dan Bawaslu Tak Sulit Ungkap Skandal Surat Suara di Malaysia
KPU Pusat/Net
rmol news logo Seharusnya tak butuh waktu lama bagi KPU dan Bawaslu untuk membongkar kasus pencoblosan surat suara di Malaysia lantaran telah banyaknya video yang beredar menunjukan aktivitas pencoblosan itu.

“Perkaranya sudah sangat terang benderang, aktivitasnya terekam. Yang keseluruhan itu bisa jadi pintu untuk membuktikan apakah peristiwa itu sistemik, meluas dan terencana,” kata Direktur Eksekutif Lima Ray Rangkuti kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (12/4).

Dengan begitu, sambung Ray, KPU dan Bawaslu semestinya dengan mudah dan cepat mampu menguraikan kasus surat sura yang telah dicoblos Jokowi-Ma'ruf itu. Dengan memulai pertanyaan sederhana; mengapa surat suara tidak ditempatkan di lokasi yang aman dan terawasi.

Lalu, jika sudah ditempatkan di lokasi yang semestinya, mengapa dan bagaimana bisa surat suara dengan jumlah begitu banyak bisa berpindah tempat bahkan masuk ke tempat yang bukan wilayah yuridiksi Indonesia.

“Dua pertanyaan ini, saya kira, menjadi awalan untuk menyusun kronologi kasus ini. Tentu ditambah dengan keterangan berbagai pihak, dan bisa jadi misalnya gambar rekaman dari cctv, maka kasus ini sejatinya dapat diungkap dengan cepat,” tandas Ray.

Untuk itu, Ray mendesak KPU dan Bawaslu segera mengungkap dan dengan sendirinya membawa kasus ini ke ranah hukum. Dengan cepatnya kasus ini terungkap, kata Ray, juga bisa membendung isu yang tidak sesuai dan akhirnya dapat mendelegitimasi dan memanaskan situasi pelaksanaan pemilu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA