Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi II DPR Ngaku Pemilu Di Luar Negeri Banyak "Main"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 12 April 2019, 14:49 WIB
Komisi II DPR Ngaku Pemilu Di Luar Negeri Banyak "Main"
Ahmad Riza Patria/RMOL
rmol news logo Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Riza Patria menyebut kasus kecurangan Pemilu di luar negeri sudah banyak diperbincangkan sejak lama. Bahkan dugaan-dugaan ini sudah merebak jauh sebelum kasus surat suara tercoblos di Malaysia baru-baru ini.

"Memang ini kan dulu banyak berita dari pemilu ke pemilu katanya kalau di luar negeri itu bisa bermain gitu loh. Lebih mudah diatur karena ada oknum-oknum yang bisa mengaturkan," kata Riza kepada wartawan, Jumat (12/4).

Kendati demikian, pihaknya kesulitan mencari fakta sebenarnya lantaran sejak dulu isu ini hanya merebak tanpa disertai bukti.

"Nah sekarang ternayat terbukti bahwa di luar negeri itu khususnya di Malaysia memang ada permainan terkait kecurangan pencoblosan," jelasnya.

Khusus untuk periode ini, kata Riza, banyak pihak yang menduga bakal terjadi kecurangan-kecurangan Pemilu, khususnya di Malaysia. Ketua DPP Gerindra ini bahkan menyebut ada upaya pengumpulan massa tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk pemenangan salah satu paslon Pilpres.

"Kami melihat dari proses pengumpulan TKW TKI, pengarahan di sana sudah menjurus kecenderungannya untuk ke 01 dan partai tertentu. Sekarang terbukti dengan viralnya video dan dinyatakan KPU dan Bawaslu bukan hoax," lanjutnya.

Melihat fenomena ini, ia pun meminta kepada stakeholder terkait untuk membereskan kasus kecurangan Pemilu ini.

"Kementerian Luar Negeri harus bertanggung jawab. Di luar negeri ini wilayah Kemenlu yang membawahi KBRI di seluruh media, di beberapa banyak negara," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA