Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Masih Enggan Sebut Keaslian Surat Suara Tercoblos Di Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 12 April 2019, 19:05 WIB
KPU Masih Enggan Sebut Keaslian Surat Suara Tercoblos Di Malaysia
Ketua KPU, Arief Budiman/Net
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih enggan menyimpulkan surat suara tercoblos di Malaysia merupakan surat suara asli yang dikeluarkan oleh KPU.

Pihaknya bersikap demikian karena masih menunggu hasil konfirmasi dan klarifikasi yang dilakukan oleh tim gabungan antara KPU RI yang diwakili Ilham Saputra dan Hasyim Asy'ari dengan Bawaslu RI yang diwakili Ratna Dewi Petalolo.

"Itu nanti dulu, kita tunggu hasil," kata Ketua KPU, Arief Budiman saat ditemui di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4).

Sebelumnya viral video yang memperlihatkan beberapa tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia bersama beberapa pihak menggerebek sebuah gudang yang isinya surat suara sudah dicoblos. Di situ mereka menemukan surat suara sudah dicoblos pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin.

Ada pula surat suara calon legislatif yang sudah dicoblos ke beberapa nama caleg. Salah satunya yakni Caleg Partai Nasdem, Davin Kirana. Davin merupakan putra dari Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

"Ya hari ini kita tunggu. Apakah tempatnya (ditemui), logistiknya, (atau) orangnya. Hasil keputusannya nanti, mau lihat orangnya dulu," pungkas Arief.

Sebelumnya, anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengaku mendapat laporan dari Panwaslu di Malaysia. Laporan yang diterimanya menyatakan bahwa surat suara yang ditemukan asli. Hal itu dilihat dari tebal huruf dan font huruf.

"Ini yang akan kami pastikan bersama teman-teman KPU," demikian Mochammad Afifuddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA