Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ustaz Abdul Somad Mampu Sentuh Sisi Kebatinan Warga NU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/tuahta-arief-1'>TUAHTA ARIEF</a>
LAPORAN: TUAHTA ARIEF
  • Sabtu, 13 April 2019, 02:27 WIB
Ustaz Abdul Somad Mampu Sentuh Sisi Kebatinan Warga NU
Prabowo Subianto dan Ustaz Abdul Somad/RMOL
rmol news logo Dukungan Ustadz Abdul Somad (UAS) kepada Prabowo Subianto mampu menyentuh sisi kebatinan warga khususnya para kyai kultural Nahdlatul Ulama (NU).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"UAS mampu menghadirkan sisi kebatinan warga khususnya ulama kultural NU. Ketersentuhan ini yang saya yakin dapat mempengaruhi suara di basis warga NU,” kata Agus Salim Thoyib, mantan Kepala Sekretariat PBNU kepada RMOLJatim, Jumat (12/4).

Melihat video eksklusif TvOne yang diposting pada Kamis (11/4), Agus menyebut pertemuan kedua tokoh tersebut berisikan positioning yang pas, sekaligus bagaimana fungsionalisasi antara ulama dan umara

"Pemaparan dukungan UAS atas Prabowo bukan sekedar dukungan antara pendukung dan calon, tapi UAS mencoba masuk dan memposisikan diri sebagai seorang kyai yang segala keputusannya melibatkan suara umat dan seorang kyai yang dianggap lebih alim dari dirinya (penasehat spiritual?),” terangnya.

Terkait dengan pemberian hadiah minyak wangi dan tasbih UAS kepada Prabowo, Agus menilai hal itu sebagai simbolisasi bagaimana menyikapi semua persoalan hidup termasuk ketika menjadi pemimpin.

"Itu adalah pengejawentahan nilai sufistik yang mengena ke warga NU,” tuturnya.

Yang menarik adalah amanat UAS yang meminta Prabowo tidak mengundang dirinya ke Istana dan memberikan jabatan apapun jika jadi Presiden, lanjut Agus, hal ini seperti mengembalikan memori sebagian warga NU khususnya para ulama agar tidak memandang kekuasaan semata.

"Para ulama NU diingatkan bahwa kekuasaan bukan tujuan akhir,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA