Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri: Hari Kampanye Terakhir, Indonesia Sudah Masuk Siaga Satu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 13 April 2019, 13:37 WIB
Polri: Hari Kampanye Terakhir, Indonesia Sudah Masuk Siaga Satu
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo/RMOL
rmol news logo . Hari kampanye terakhir Pemilu 2019 pada hari ini, Sabtu (13/4), aparat penegak hukum menggolongkan tingkat keamanan nasional sudah masuk pada siaga satu.

Kendati demikian, Polri memberikan jaminan Pemilu serentak tahun ini berlangsung aman.

"Kalau statusnya siaga satu lah, semua dalam kondisi siap siaga. Karena besok masuk masa tenang," ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo dalam diskusi "Pemilu Asyik Jangan Golput" di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (13/4).

Dedi memastikan sampai saat ini belum ada terlihat potensi gangguan yang muncul pada proses pemilu. Namun, Polri yang dibantu TNI dan aparat terkait tetap waspada mencegah segala potensi konflik yang muncul.

"Dari hasil deteksi intelijen kita, masih belum ada (ancaman). Tapi untuk kewaspadaan untuk tingkat Polsek, Polres, Polda tingkat pelaksanaan, tingkat kewaspadaan tetap siaga satu. Kita mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi," imbuhnya.

Di sisi lain, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menjelaskan, aparat telah membagi Indonesia pada 7 zona besar dalam upaya menciptakan rasa aman terhadap rakyat. Yaitu, Jawa 2 zona, Sumatera 2 zona, zona Kalimantan, Zona Sulawesi, dan zona Indonesia Timur meliputi Maluku, Maluku Utara dan Papua.

"Di tiap zona kita punya pasukan cadangan, agar setiap potensi konflik siap memback up, memitigasi dan mencegah potensi konflik terjadi," tambahnya.

Sementara itu, selama masa tenang pemilu berlangsung, Dedi meminta masyarakat agar tetap tenang. Selain itu para pemilih harus menyaring segala informasi yang diterima.

Hal itu agar para pemilih terhindar dari kabar hoax atau berbau fitnah. Selain itu, dengan segala jaminan keamanan yang diberikan aparat, masyarakat diharapkan tidak golput dan tidak takut mencoblos ke TPS.

"Prinsipnya kita menghimbau masyarakat supaya tidak mudah terpengaruh terhadap informasi-informasi sumbernya yang tidak kredibel. Sumbernya yang tidak bisa dikonfirmasi," pungkas Dedi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA