Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paslon Jokowi-Maruf Lebih Sering Diperbincangkan Netizen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 14 April 2019, 07:45 WIB
Paslon Jokowi-Maruf Lebih Sering Diperbincangkan Netizen
Jokowi dan Maruf Amin/Net
rmol news logo Lembaga survei PoliticaWave mengeluarkan rilis hasil pantauan percakapan netizen di media sosial terkait Pilpres 2019. Hasil rilis ini dilakukan dengan pemantauan di media sosial pada periode 5-11 April 2019.

Tercatat, ada 4.558.212 percakapan yang dilakukan oleh sebanyak 434.753 netizen terkait kedua pasangan capres dan cawapres.

Berdasarkan perbandingan share of netizen atau jumlah netizen, diperoleh hasil pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul sebesar 57,9% dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 42,1%. Unggulnya pasangan Jokowi-Ma’ruf ini juga diikuti dengan dominasi sentimen positif sebesar 96% dengan sentimen negatif sebesar 4%.

Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh persentase sentimen positif sebesar 88% dan sentimen negatif sebesar 12%.

Beberapa isu yang paling banyak mendapat sentimen positif netizen untuk Jokowi-Amin di antaranya yaitu kegiatan kampanye di beberapa daerah, bukti dan prestasi kinerja Jokowi selama menjadi Presiden, antusiasme persiapan kampanye penutup bertajuk “Konser Putih Bersatu” hingga momen kebersamaan Jokowi dengan cucunya.

Sementara sentimen positif terhadap pasangan Prabowo-Sandiaga dipicu oleh kegiatannya berkampanye di beberapa daerah, tagar-tagar dukungan yang diamplifikasi secara masif oleh para pendukungnya dan momen kegiatan kampanye akbar di GBK.

Setiap percakapan terkait pasangan Capres dan Cawapres di media-media tersebut di-capture, dikelompokkan dan dianalisa oleh platform PoliticaWave. Semua BOT dan akun-akun spammer juga difilter dalam proses ini sehingga percakapan yang dihitung hanya yang berasal dari netizen asli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA